Reportase kunjungan Ro’is Suriyah ke Pesantren Al-Hikam dan Mamba’ul Huda – Malang

Assalamu’alaikum,

Alhamdulillah, agenda kunjungan PCINU Taiwan yang dalam hal ini diwakili oleh Ro’is Suriyah (Sigit Tri Wicaksono) pada hari Jumat (20 Juli 2012) didampingi oleh ustadz Andika (sekretaris LBM Malang Raya) ke pondok pesantren Al-Hikam, Kelurahan Kedawung Malang (dulu dibawah pimpinan KH. Hasyim Muzadi, sekarang diamanahkan ke adik beliau KH. Nafi’) serta pondok pesantren Mamba’ul Huda, Kelurahan Bandulan, Sukun, Malang (diasuh oleh KH. Atho’illah) berjalan lancar meski sempat sedikit tersendat masalah komunikasi (maklum sedang pada sibuk menjelang Romadhon).

Meskipun tidak sempat bertemu dengan KH. Hasyim Muzadi (karena saat itu beliau masih di Jakarta hingga tanggal 5 Agustus), namun kunjungan di PP Al-Hikam disambut oleh putra KH. Hasyim Muzadi (gus Hilman) dengan sangat baik. Sayangnya, KH.Nafi’ tidak sempat menemui karena agenda yang begitu padat (sayup-sayup terdengan suara beliau yang memberikan materi kuliah di Masjid kompleks PP Al-Hikam yang mirip sekali dengan gaya bahasa KH. Hasyim Muzadi).

Diskusi dengan Gus Hilman terjadi begitu menyenangkan, tanpa terasa sudah hampir 3 jam nongkrong di Rumah semenjak ba’da tarawih hingga hampir jam 12 malam.

Pada hari yang sama, sebelum berangkat ke PP Al-Hikam, saya menyempatkan sowan ke PP. Mamba’ul Huda yang diasuh oleh KH Ato’illah (yang juga dosen bahasa arab di UIN Malang). Di pondok yang masih relatif baru (dirintis sejak 2006 dan beroperasi sekitar 2 tahun yang lalu) saya diperkenalkan dengan santri senior, Ustadz Andika, beliau yang pernah nyantri juga di pondok pesantren yang cukup terkenal di daerah rembang (Al-Manar, yang diasuh oleh satu-satunya kiyai senior yang masih ada di Indonesia, KH. Maimun).

Dari kunjungan tersebut, alhamdulillah didapatkan link antara ponpes tersebut dengan  PCI NU Taiwan, khususnya mengenai masalah-masalah fiqih dan syari’at Islam (dalam hal ini link informasi dengan LBM (lembaga bahtsul masa’il) kota Malang Raya yang diketuai oleh KH. Atho’illah dan masalah informasi ke-NU-an dengan ponpes Al-Hikam  (dalam hal ini wakili oleh gus Hilman).

Sebelum berpamitan, saya meminta do’a kepada Gus Hilman agar PCI NU Taiwan sukses dalam menjalankan program dakwahnya di Taiwan ini. Amiin.

Semoga bermanfaat.

PCINU Taiwan: Gelorakan Dakwah Islam Rohmatan Lil-‘Alamiin…..

Wassalamu’alaikum….

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s