Asmaul Husna – 9

Serial Tausyiah PCI NU Taiwan
Download File PDF Asmaul Husna – 9.pdf

Asmaul Husna – 9
(Asmaul Husna nomor 81 – 90)
“Mempertajam kebesaran Allah SWT di hati kita“

“Dialah Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Dia mempunyai asmaa’ul husna (nama-nama yang baik).” – (Q.S. Thaa-Haa : 8 )
“Allah memiliki Asmaa’ ulHusna, maka memohonlah kepadaNya dengan menyebut nama-nama yang baik itu…” – (QS. Al A’raaf : 180)

  1. Al Muntaqimu – Artinya : Dzat yang Maha Menyiksa, yaitu Dia menghukum hamba-hamba-Nya yang durhaka dan berbuat dosa dengan siksa di hari kiamat.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, kemudian ia berpaling daripadanya? Sesungguhnya Kami akan memberikan pembalasan kepada orang-orang yang berdosa.” (QS. As Sajdah:22).
  2. Al Afuwwu – Artinya : Dzat yang Maha Memafkan, yaitu Dia memberikan maaf kepada hamba-hambaNya yang terlah berbuat kesalahan dan bertaubat kepadaNya.

    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” mereka itu, mudah-mudahan Allah memaafkannya. Dan adalah Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.” (QS. An Nisaa’: 99).

  3. Ar Roufu – Artinya : Dzat yang Maha Belas Kasihan, Maha Penyantun, yaitu Dia sangat belas kasihan dengan memberikan karunia yang sangat banyak sekali kepada hamba-hambaNya.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Hasyr: 10).
  4. Al Maalikul Mulki – Artinya : Dzat yang Maha Menguasai seluruh kerajaanm yaitu Dia menguasai seluruh wilayah di dunia ini merupakan milik Allah dan dalam kekuasaanNya.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Ali Imron: 26).
  5. Dzul jalaali Wal Ikroom – Artinya : Dzat yang Maha memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, yaitu kebesaran dan kemuliaan Allah SWT tiada bandingannya dengan kebesaran makhlukNya.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. (QS. Ar Rahman: 27)
  6. Al Muqsithu – Artinya : Dzat yang Maha Adil, yaitu Dia sangat adil dalam menentukan suatu hukum-hukumNya. Sehingga tidak pandang bulu terhadap siapapun yang bersalah dapat diberi hukuman.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Ali Imran: 18).
  7. Al Jaami’u – Artinya : Dzat yang Maha Mengumpulkan, yaitu Dia akan mengumpulkan semua makhluknya pada hari yang tidak ada keraguan padanya yaitu hari kiamat.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ”Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya.” Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.” (QS. Ali Imran: 9).
  8. Al Ghoniyyu – Artinya : Dzat yang Maha Kaya, yaitu Dia yang maha memiliki seluruh kekayaan yang ada di alam semesta ini dan mencukupi semua kebutuhan hamba-hambaNya.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” (yaitu) orang-orang yang kikir dan menyuruh manusia berbuat kikir. Dan barangsiapa yang berpaling (dari perintah-perintah Allah) maka sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Al Hadiid: 24).
  9. Al Muqhniy – Artinya : Dzat yang Maha Memberi Kekayaan, yaitu Dia yang memberi kekayaan dan menuhi kebutuhan kepada semua makhlukNya.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Dan jika kamu khawatir menjadi miskin maka Allah nanti akan memberimu kekayaan kepadamu dari karuniaNya, jika Dia menghendaki. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At Taubah: 28).
  10. Al Maani’u – Artinya : Dzat yang Maha Mencegah, yaitu Dia yang mencegah segala rencana hamba-hambaNya, termasuk mencegah tipu dayanya orang-orang kafir.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Atau siapakah dia yang memberi kamu rezki jika Allah menahan rezki-Nya? Sebenarnya mereka terus menerus dalam kesombongan dan menjauhkan diri?”.

 

Bersambung..

Taiwan – Senin, 14 Nopember 2011

PCI NU Taiwan
https://pcinutaiwan.wordpress.com
[Dakwah Islam Ahlussunah Wal Jamaah di Taiwan]

 

One thought on “Asmaul Husna – 9

  1. Assalamu’alaikum wr.wb…..
    jazakAllah atas postingan nya, dimana yaa bisa download asmaul-husna yg lengkapnya.??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s