Asmaul Husna – 8

Serial Tausyiah PCI NU Taiwan
Download File PDF Asmaul Husna – 8.pdf

Asmaul Husna – 8
(Asmaul Husna nomor 71 – 80)
“Mempertajam kebesaran Allah SWT di hati kita“

“Dialah Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Dia mempunyai asmaa’ul husna (nama-nama yang baik).” – (Q.S. Thaa-Haa : 8 )
“Allah memiliki Asmaa’ ulHusna, maka memohonlah kepadaNya dengan menyebut nama-nama yang baik itu…” – (QS. Al A’raaf : 180)

  1. Al Muqoddimu – Artinya : Dzat yang Maha mendahului, yaitu Dia sudah ada sebelum alam semesta beserta isinya ini ada, sebab Dia yang menciptakannya.
  2. Al Muakhkhiru – Artinya : Dzat yang Maha Mengakhirkan, yaitu Dia berkuasa mengakhirkan sesuatu, sehingga mampu menunda apa yang semestinya terjadi. Allah yang menempatkan sesuatu di tempat hak mereka. Dia mendahuluan apapun yang Dia kehendaki dan menunda apa pun yang Dia kehendaki.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ”niscaya Allah akan mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menangguhkan kamu sampai kepada waktu yang ditentukan. Sesungguhnya ketetapan Allah apabila telah datang tidak dapat ditangguhkan, kalau kamu mengetahui.” (QS. Nuh: 4).
  3. Al Awwalu – Artinya : Dzat yang Maha awal, yaitu Dia permulaan dari sesuatu yang wujud di alam semesta ini. Dzat yang ada tanpa ada awalan.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Dloohir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Hadiid: 3).
  4. Al Aakhiru – Artinya : Dzat yang Maha akhir, yaitu Dia tidak ada masa berakhirnya sebagaimana yang dialami makhlukNya. Dzat yang keberadaan-Nya tidak berakhir.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Dloohir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Hadiid: 3).
  5. Adl Dloohiru – Artinya : Dzat yang Maha nyata, yaitu Dia itu nyata adanya. Dia ada tanpa membutuhkan tempat. Keberadaanya dapat dibuktikan dengan adanya alam semesta. Mungkinkan alam semesta ini bisa ada tanpa ada yang menciptakannya ?
    Allah SWT berfirman:Artinya ” Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Dloohir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Hadiid: 3).
  6. Al Baathinu – Artinya : Dzat yang Maha batin (ghaib), yaitu Dia tidak bisa dilihat dengan indra mata kita.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Dloohir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Hadiid: 3)
  7. Al Waalii – Artinya : Dzat yang Maha menguasai, yaitu Dialah dzat yang menguasai dan mengatur segala urusan hamba-Nya dialam semesta ini.
  8. Al Muta’aaliy – Artinya : Dzat yang Maha Tinggi, yaitu Dia tinggi dalam segala-galanya, sehingga ketinggian Allah tidak bisa diukur dengan ketinggian hamb-hambaNya.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak; Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi.” (QS. Ar-Ro’d: 9).
  9. Al Barru – Artinya : Dzat yang Maha berbuat baik, yaitu Dia sangat senang berbuat baik dan kebaikan kepada makhluk-Nya. Dzat yang mencukupi kebutuhan makhluk-Nya dengan perlindungan dan kasih sayang-Nya.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dia-lah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang.” (QS. Ath Thuur: 28).
  10. At Tawwaab – Artinya : Dzat yang Maha menerima taubat, yaitu Allah senang menerima taubat hamba-hambaNya yang dikedendaki bila ia benar-benar bertaubat.
    Allah SWT berfirman:
    Artinya ” Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.  (QS. Al Baqarah: 37).

Bersambung..

Taiwan – Senin, 14 Nopember 2011

PCI NU Taiwan
https://pcinutaiwan.wordpress.com
[Dakwah Islam Ahlussunah Wal Jamaah di Taiwan]

One thought on “Asmaul Husna – 8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s