Pengajian FOSPI di dermaga pelabuhan


Sabtu malam, 23 Oktober 2010. Forum Silaturrohmi Pelaut Indonesia di Taiwan (FOSPI) menyelenggarakan pengajian rutin Yasin Tahlil. Pengajian Tahlil rutin tersebut yang bertempat di dermaga pelabuhan Nankang-Pingtung (sekitar 40 menit dari kota Kaohsiung). Organisasi FOSPI mempunyai jadwal rutin pengajian di Mushola An Nur, diantara kegiatan tersebut adalah pelajaran sholat, iqro, tajwid, yasin tahlil, dan yasin maulid berzanji. Khusus setiap bulan sekali, FOSPI menyelenggarakan yasin tahlil di dermaga pelabuhan dikarenakan jumlah peserta yang sangat banyak lebih dari 200 orang, sedangkan mushola An Nur hanya bisa menampung jamaah sekitar 50 orang.
“Jumlah pelaut dari Indonesia yang terdata disini sekitar 2000 orang” ujar Bapak Ramdan Al Syiraj sebagai ketua FOSPI. Dengan berdirinya FOSPI dan mushola An Nur yang dibiayai dari dana infaq shodaqoh jamaah FOSPI ini sangat membantu para pelaut Indonesia untuk menjalankan ibadah sholat 5 waktu dan belajar mengaji. Selain itu, FOSPI juga mempunyai tujuan yang sangat mulia, yaitu ingin membeli tanah/bangunan di daerah Pingtung untuk mendirikan masjid.

Khusus selama satu pekan ini, selama tujuh hari setiap malam para pelaut FOSPI menyelenggarakan yasin dan tahlil untuk mendoakan salah satu rekan FOSPI yang meninggal dalam kecelakaan kerja. Hadir dalam pengajian tersebut selain jamaah FOSPI, juga hadir Ustadz Bambang Dwiantoro sebagai rais syuriah PCI NU Taiwan dan Bapak Udin Harun mewakili PCI NU taiwan, dan mas Bintang dari IWAMIT Kaohsiung.

Acara yang diawali dengan sholat isya’ berjamaah tersebut dimulai dengan pembukaan oleh ustadz Ramdan Al Syiraj, disusul dengan acara yasin tahlil dipimpin oleh ustadz Muhsin sebagai pembina FOSPI, kemudian pemberian tanda belasungkawa kepada perwakilan salah satu rekan kerja FOSPI yang meninggal dunia oleh PCI NU Taiwan dan IWAMIT, dan dilanjutkan pemberian tausyiah oleh Bapak Udin Harun yang menyampaikan tausiah dengan tema ‘amalan pembuka pintu rezeki Allah SWT’. Tausiah tersebut menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah SWT telah menjamin bahwa semua makhluk-Nya pasti diberi rezeki oleh Allah SWT, dan tentu saja sebagai orang beriman kita juga diajarkan bagaimana cara menjemput rezeki yang sudah ditentukan oleh Allah SWT. Sebagai penutup acara adalah diskusi tanya jawab dan doa yang dipimpin oleh ustadz Muhsin. [PCI NU Taiwan]

Pemberian tanda bela sungkawa dari PCI NU Taiwan

Tausyiah

Sambutan

Jamaah FOSPI

Jamaah FOSPI

Yasin dan Tahlil oleh Ustadz Muhsin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s