Asmaul Husna – 2

Serial Tausyiah PCI NU Taiwan.
Download artikel versi PDF

Asmaul Husna – 2
“Mempertajam kebesaran Allah SWT di hati kita

“Dialah Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Dia mempunyai asmaa’ul husna (nama-nama yang baik).” – (Q.S. Thaa-Haa : 8 )
“Allah memiliki Asmaa’ ulHusna, maka memohonlah kepadaNya dengan menyebut nama-nama yang baik itu…” – (QS. Al A’raaf : 180)

  1. Al Mutakabbiru – Artinya : Allah saja yang mempunyai hak sombong sebagai pencipta, bukan makhluk lainNya. Dzat yang bersih dari sifat-sifat makhluk dan tidak serupa dengan ciptaan-Nya.
  2. Al Khooliqu – Artinya : Dzat yang maha pencipta. Jadi tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang bukan merupakan ciptaan Allah SWT. Semua yang selain-Nya adalah ciptaan-Nya. Dzat yang membuat segala sesuatu yang sebelumnya tidak ada menjadi ada.
  3. Al Baariu – Artinya : Dzat yang mempunyai kekuatan untuk merubah sesuatu dari satu kondisi ke kondisi yang lain. Dzt yang maha merencanakan, yaitu pelaksana dalam segala kejadian yang sudah direncanakan sebelumnya.
  4. Al Mushowwiru – Artinya : Dzat yang menciptakan semua makhluk-Nya dalam bentuk yang berlainan, dari rupa yang cantik/tampan, dari yang besar maupun yang kecil.
  5. Al Ghoffaru – Artinya : Dzat yang maha memberi ampun, yaitu memberikan ampunan kepada hamba-hambaNya yang berdosa.
  6. Al Qohhaaru – Artinya : Dzat yang maha mempunyai kekuatan yang sempurna. Dzat yang bisa memaksakan kehendakNya terhadap makhlukNya tanpa bisa dihalangi oleh siapapun.
  7. Al Wahhaabu – Artinya : Dzat yang Maha memberi, yaitu memberikan segala kebutuhan makhlukNya tanpa diminta sebelumnya Allah sudah  menyediakannya.
  8. Ar Rozzaaqu – Artinya : Dzat yang maha memberi rezeki kepada semua makhlukNya untuk kebutuhan makhlukNya. Dzat yang memperbanyak atau mempersempit rezeki yang akan diberikan kepada hamba-hambaNya.
  9. Al Fattaahu – Artinya : Dzat yang maha membuka, yaitu memberikan rahmatNya untuk keperluan semua makhlukNya. Dzat yang membukakan kesulitan yang dialami hamba-hambaNya menuju kemudahan.
  10. Al ’Aliimu – Artinya : Dzat yang maha mengetahui, mengetahui segala kejadian dan peristiwa di alam semesta ini, tanpa ada satupun yang tertinggal dari pengetahuan Allah SWT.

Bersambung..
Sumber : Ebook ‘Asmaul Husna ,dll.

Taiwan – Selasa, 26 Oktober 2010.
PCI NU Taiwan
https://pcinutaiwan.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s