Asmaul Husna – 1

Serial Tausyiah PCI NU Taiwan
Download artikel versi PDF

Serial Tausyiah Asmaul Husna-1.
“Mempertajam kebesaran Allah SWT di hati kita

“Dialah Allah, tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Dia mempunyai asmaa’ul husna (nama-nama yang baik).” – (Q.S. Thaa-Haa : 8 )
“Allah memiliki Asmaa’ ulHusna, maka memohonlah kepadaNya dengan menyebut nama-nama yang baik itu…” – (QS. Al A’raaf : 180)

1. Alloohu – Artinya : Lafadh ini disebut “LAFDHUL JALALAH”, suatu nama dari ismudz Dzat yang mencerminkan arti pengertian dari seluruh nama-namaNya yang indah itu. Allah yang mempunyai kekuatan untuk menciptakan segala sesuatu.

2. Arrohmaanu – Artinya : Dzat yang maha pengasih terhadap semua makhluk yang ada di dunia ini tanpa terkecuali, baik kepada yang taat ataupun yang ingkar kepadaNya sekalipun. Semua itu akan dikasihani dan dicukupi kebutuhannya.Khususnya kepada orang beriman di akhirat nanti.


3. Arrohiimu – Artinya : Dzat yang maha penyayang khusus untuk hambaNya yang beriman.

4. Al Maliku – Artinya : Dzat yang maha menguasai semua makhlukNya. Dzat yang kekuasaannya tidak terbatas.

5. Al Qudduuss – Artinya : Dzat yang maha suci dari segala sifat yang disifatkan oleh orang-orang kafir musyrik kepadaNya. Sebab sifatNya tidak sama dengan ciptaanNya.

6. As Salaamu – Artinya : Dzat yang menjamin keselamatan terhadap seluruh alam semesta. Jadi makhluk manapun akan dijamin keselamatannya oleh Allah SWT dan tidak ada satupun yang dapat mengusiknya.

7. Al Mukminu – Artinya : Dzat yang Maha mengamankan kepada semua makhluknya, sehingga tidak satupun makhluk yang bisa mengganggu makhluk yang dalam keamanan Allah.

8. Al Muhaiminu – Artinya : Dzat yang maha memelihara semua makhlukNya dangan sangat cermat dan teliti, sehingga tak ada satupun yang tak terpelihara Allah.

9. Al Aziizu – Artinya : Dzat yang maha perkasa, yang keperkasaanNya tiada bandingnya, sehingga tiada kesulitan didalam menghancurkan alam semesta ini.

10. Al Jabbaru – Artinya : Dzat yang maha memaksa, yaitu Allah dapat memaksakan kehendaknya terhadap semua makhlukNya meskipun ia merasa enggan dipaksakan. Tidak ada sesuatupun yang terjadi di dunia ini kecuali apa yang sudah dikehendaki oleh Allah SWT.


bersambung🙂
Sumber : Ebook ‘Asmaul Husna ,dll.

-PCI NU Taiwan-‘

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s