Curhat Islami Edisi Juli 2010 – Pertanyaan 3

Pertanyaan 3:

  1. Saya disini melakukan sholat menghadap arah terbenamnya matahari, karena tidak tahu persis tempat kabah. Benarkah apa yang saya lakukan ini, dan sah kah sholatku?
  2. Dari 5 waktu sholat, tidak semuanya saya punya waktu yang longgar untuk melaksanakannya. Dhuhur, Isya, dan Subuh itu saya punya waktu. Sedang asar dan magrib, kadang ada kadang tidak. Yg jadi pertanyaan saya, bolehkah Duhur dan Asar, magrib dan Isya di Qodok?

Sekian, terima kasih. Eri di Yunlin.

JAWAB

Mbak Eri yang sholehah,

  1. Jika seseorang kesulitan secara fisik shalat menghadap ke kiblat maka shalat menghadap ke manapun sah tapi hatinya harus tertuju ke ka’bah. Saran saya bila ingin memastikan sholat menghadap ke klibat, beli saja alat kompas menunjuk klibat yang banyak dijual di Indonesia.
  2. Shalat wajib dikerjakan pada waktunya kecuali dijamak (digabung) dengan shalat yang lain. Shalat yang bisa diringkas (jamak dan qashar) adalah shalat maghrib dan isya’ (bisa dikerjakan pada waktu maghrib atau isya’) dan dhuhur dengan ashar (bisa diwaktu dhuhur atau ashar). Sedangkan shalat subuh tidak boleh dijamak atau di qashar. Untuk kasus anda, bila tidak punya waktu yang longgar, silakan sholat dhuhur dan ashar dijamak (dilakukan pada waktu dhuhur), dan sholat magrib dan isya’ dijamak (dilakukan pada waktu isya’).
    Sedangkan Qadla (qodok) adalah menjalankan ibadah setelah lewat waktunya. Seseorang boleh meng-qadla sholat bila sesorang belum melaksanakan sholat sampai batas akhir waktu sholat dikarenakan tertiduran atau lupa. Sebagimana diriwayatkan dalam sebuah hadist riwayat Muslim, dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda :”Barang siapa tertidur dan meninggalkan Sholat, maka hendaklah ia bergegas sholat ketika ingat”.

One thought on “Curhat Islami Edisi Juli 2010 – Pertanyaan 3

  1. Buat mbak Eri,
    di Taiwan ini, kompas bisa didapatkan di berbagai toko buku. Tapi memang pake huruf cina. Bisa nanya ke penjaga tokonya mana barat mana timur. Kalo mau yang bener-bener ke arah kiblat, arahnya ke barat agak mencong ke utara 16 derajat. Di sini saya juga ke mana2 bawa kompas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s