NU Targetkan Bangun 75 Sekolah Bertaraf Internasional di Indonesia

sumber : NU Online
Nahdlatul Ulama (NU) semakin menunjukkan keseriusannya menangani dunia pendidikan. Hingga 2014 NU menargetkan diri membangun sebanyak 75 Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).

“Sekolah-sekolah tersebut akan dibangun di seluruh wilayah Indonesia,” kata Wakil Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Lembaga Maarif NU, Dr. Mamat Salamet Burhanuddin, usai acara Lokakarya bertajuk Kebijakan dan Program Penguatan Sekolah Bertaraf Internasional di Lingkungan NU di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (9/10).

Tentunya, jumlah SBI tersebut berbeda antara daerah satu dengan lainnya. Di wilayah Jawa Barat misalnya direncanakan sebanyak lima SBI, Bekasi satu buah, Papua dua buah, Sulawesi Tenggara 1 buah, Bengkulu empat buah, dan Gorontalo sebanyak satu buah. Sementara di daerah lain yaitu Bali, Banten,Lampung, Jogjakarta, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Barat dan Papua Barat masing-masing dua buah, lima buah, tiga buah, sepuluh buah, dua buah, sepuluh buah, 20 buah, enam buah, dua buah dan satu buah.

Hal yang melandasi perlu dibangunnya SBI tersebut adalah dalam rangka peningkatan dan pemantapan kualitas sumber daya manusia di lingkungan NU.
“Tentunya akan dilakukan monitoring secara berkala untuk bisa tetap mengontrol kualitas SBI yang bersangkutan,” lanjutnya.

Salah satu alasan digelarnya lokakarya tersebut adalah keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di lingkungan NU masih bisa dihitung dengan jari. Nantinya sekolah-sekolah tersebut akan dibenahi dan dilakukan peningkatan hingga layak menjadi salah satu SBI di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s