NU Jepang Bantu Pengembangan TI di Pesantren

Sumber : http://www.nu.or.id

Jakarta, NU Online
Setiap PCINU di luar negeri memiliki kelebihan sesuai dengan karakter dan lingkungannya. PCINU Mesir memiliki segudang ahli agama mengingat disana merupakan pusat pendidikan Islam di dunia.

PCINU Jepang para pengurusnya memiliki karakteristik yang berbeda dengan para pengurus yang sebagian besar merupakan mahasiswa pascasarjana dalam bidang teknik dan teknologi informasi.

Sinergi kemampuan ini telah dilakukan oleh PCINU Jepang dengan melakukan pelatihan teknologi informasi (TI) dan penyebaran kitab kuning yang sudah berada dalam bentuk softcopy ke pesantren dan sekolah NU.

“Kita melakukan penguatan teknologi informasi agar dakwah dapat ter-update informasi terbaru dan kita juga melakukan support manajemen pengelolaan madrasah berbasis TI,” kata Agus Zainal Arifin dari PCINU Jepang saat konferensi NU Internasional yang diselenggarakan di Bogor akhir pekan lalu.

Ia bahkan berharap agar ketua PBNU memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknologi informasi sehingga perkembangannya di lingkungan NU akan semakin cepat.

Menurutnya, para petinggi NU sebenarnya kaya-kaya, terbukti banyak diantaranya yang menghabiskan milyaran rupiah untuk pilkada. Jika uang tersebut dialokasikan untuk pendidikan di lingkungan NU, akan menghasilkan manfaat yang luar biasa. (mkf)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s