Kunjungan TKI Chungli untuk pelatihan biogas

chungli2Meskipun kegiatan workshop bioenergi – biogas telah diselenggarakan oleh PCI NU Taiwan bulan Januari 2009 yang lalu. Alhamdulillah ternyata materi-materi dan workshop yang diberikan selama pelatihan semakin diminati oleh rekan-rekan Indonesia di Taiwan, khususnya oleh rekan-rekan TKI. Setelah workshop selesai, banyak diantara rekan-rekan yang ingin lebih mendalami cara pembuatan energi biogas, khususnya rekan-rekan yang tidak bisa datang saat pelatihan/workshop.

Banyak permintaan dari rekan-rekan TKI supaya PCI NU dan/atau MTYT supaya membuka kelas training berlanjut untuk pembuatan energi biogas ini. Diantara para TKI banyak yang mempunyai cita-cita jika kembali ke Indonesia akan membuka usaha biogas karena didaerah tempat tinggalnya di Indonesia mempunyai tetangga atau beliaunya sendiri yang mempunyai ternak sapi.

Tentu saja hal ini akan menjadi salah satu peluang usaha mandiri bagi rekan-rekan TKI yang akan kembali ke Indonesia. Contohnya hari ini, Minggu 26 April 2009, ada beberapa rekan TKI dari Chungli yaitu mas Iman dan mas Ratno yang datang ke masjid kecil Taipei untuk berdiskusi tentang pembuatan energi biogas dengan pengurus PCI NU Taiwan. Acara tersebut diselenggarakan di ruang sekretariat PCI NU lantai 5 masjid kecil setelah sholat dhuhur berjamaah dan makan siang.

chungli1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s