Agensi Nakal TKI di Taiwan Terungkap

Sebagaimana diberitakan The China Post edisi 6 Februari 2009, Biro Investigasi Kriminal (Criminal Investigation Bureau, CIB) Taiwan telah menangkap basah 300 orang yang dijadikan tersangka karena tersangkut dengan agensi pemasok tenaga kerja yang telah mengeksploitasi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Taiwan.

Tersangka utama yang berhasil diciduk kepolisian Taiwan, mempunyai nama belakang Lin, yang ditangkap bersama 311 lainnya sebagai hasil dari penyelidikan selama setahun yang dilakukan CIB. Lin diketahui sebagai pemilik agensi penempatan tenaga kerja yang memiliki 14 cabang di seluruh Taiwan.

Modus kejahatan yang dilakukan agensi tersebut adalah dengan cara tidak memberikan upah secara penuh terhadap pekerja. Dalam penyelidikan diketahui bahwa pembayaran upah bulan pertama hanya sebesar 1800 NT. Pada bulan kedua sampai keenam, pekerja memperoleh upah sebesar 3500 NT. Pada bulan ketujuh hingga ke-18, pekerja memperoleh upah sebesar 5400 NT perbulan.

Menurut keterangan dari Divisi Urusan Kriminal Internasional CIB, agensi pemasok tenaga kerja tersebut menarik pelanggannya dengan menawarkan upah yang sangat rendah bagi TKI.

Tidak hanya itu, ketika TKI sudah berada di Taiwan, mereka di paksa menyerahkan uang sebesar 200.000 NT sebagai “biaya tambahan administrasi” untuk pengurusan dokumen. Bila menolak, para agensi tersebut mengancam akan memulangkan kembali para TKI ke Indonesia dan mengancam akan menuntut keluarga asal para pekerja tersebut.

Diperkirakan, sejak 2005, agensi tersebut telah mempekerjakan sekitar 5.907 pekerja asing. Melalui operasi ilegal tersebut, polisi memperkirakan para agensi tersebut telah meraih keuntungan lebih dari 700 juta NT yang diperoleh dengan cara mengeksploitasi pekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s