Khusyu’ Dalam Sholat

Assalammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Pak ustad, Nama saya Andi, Saat saya sedang mengerjakan sholat, saya sering teringat sesuatu di luar sholat (seperti kerjaan yang belum selesai, jemuran yang belum kering dan lain-lain) dan seringkali juga saya lupa jumlah raka’at yang telah dikerjakan.

Pertanyaan saya adalah: Apakah sholat saya tadi syah dan diterima oleh Allah SWT ?

Saya mohon penjelasan pak ustad. Terima kasih.

Wassalammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Jawaban:

Assalammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Mas Andi, Sah atau tidaknya salat ditentukan dari syarat dan rukun salat. Jika syarat dan rukun salat telah dipenuhi, maka hukum salatnya sah. Jika ketika salat lalu ingat hal-hal di luar salat, hukum salatnya tetap sah jika syarat dan rukun salat telah dipenuhi. Dan khusyu’ dalam salat tidak termasuk syarat dan rukun salat.

Kemudian ketika kita lupa jumlah rakaat yang sudah kita kerjakan, semisal kita ragu sudah mengerjakan tiga atau empat rakaat, maka kita yakini saja kita telah mengerjakan tiga rakaat dan kita tambahi satu rakaat lagi. Kemudian sebelum salam kita lakukan kesunnahan berupa sujud sahwi (sujud karena lupa) seperti ketika lupa membaca doa qunut.

Meski kekhusyu’an bukan merupakan sarat sah dalam salat, namun menurut salah satu ulama khusyu’ adalah salah satu syarat agar salat seseorang bisa diterima oleh Allah.

Semoga bermanfaat.

Wassalammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Leave a Reply

