Pembukaan Workshop PCI-NU Taiwan 2009

Alhamdulillah, tadi siang selepas sholat Dhuhur (Ahad, 18 Januari 2009) bertempat di masjid kecil Taipei. Xinhai Road No.3 Lane 25 Taiwan, telah dilangsungkan pembukaan dari rangkaian kegiatan workshop Pengurus Cabang Istimewa – Nahdlatul UIama (PCI-NU) Taiwan. Kegiatan ini diselenggarakan atas inisiatif departemen keagamaan dan dakwah, dan departemen permasalah TKI dan umum, PCI-NU Taiwan, bekerja sama dengan Kelurga Muslim Indonesia di Taiwan (MTYT dan FORMMIT). Serta didukung penuh oleh Kantor Dagang & Ekonomi Indonesia (KDEI), Surat kabar Indosuara, dan majalah INTAI.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an oleh Bapak Yoko yang juga sebagai ketua Majelis Taklim Yasin Taipei (MTYT). Dilanjutkan oleh sambutan ketua panitia acara (Bapak M. Rizki Ramadhani) dan pembacaan sambutan tertulis dari bapak K.H. Hasyim Muzadi selaku ketua umum PBNU yang dikirim langsung dari Jakarta oleh ketua dewan Syuriah PCI-NU Taiwan, Bapak Setiyo Gunawan. Acara ini resmi dibuka oleh Bapak Fauzi selaku kepala bidang Pariwisata KDEI mewakili bapak Kepala KDEI yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya beliau mengharapkan agar kegiatan semacam ini bisa terus ditingkatkan dan dilanjutkan mengingat cukup banyak nilai-nilai positif yang dapat diambil.

 

Kegiatan workshop ini sendiri dijadwalkan berlangsung setiap hari minggu selama 3 minggu berturut-turut dengan dua jenis acara. Sebagai acara pembuka pada siang hari tadi, diadakan acara nonton bareng film Islami. Film yang diputar pada kesempatan ini adalah film rohani berjudul “Kun Fayakun” yang dibintangi oleh Dessy Ratnasari dan sederet artis lainnya. Film ini cukup banyak mengandung hikmah dan pesan penting kepada seluruh penonton untuk selalu berdoa kepada Allah, SWT dan juga berikhtiar untuk meraih kebahagiaan hidup.

 

Para peserta cukup antusias dalam mengikuti acaa ini. Tak kurang dari 100 peserta menghadiri acara ini ditambah juga perwakilan dari Kantor Dagang & Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taiwan. Selepas menyaksikan film, kegiatan ditutup dengan dengan ceramah dan tausiyah dari Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan (FORMMIT), Ust. Zulhendri Hasymi dan Ust. Ramadhani mengenai hikmah yang bisa diambil dari film ini. Selain itu, panitia acara juga membagikan paket kepada para peserta yang berisi CD alqur’an, jadwal sholat lengkap, buku panduan Islam dalam bahasa mandarin, dan juga selebaran untuk mensukseskan Pemilihan Umum 2009 dari KDEI.

 

Acara tadi sudah menunjukkan awalan yang cukup bagus bagi PCI-NU dalam melaksanakan aktivitasnya di Taiwan. Sebagai kelanjutan dari kegiatan workshop ini, selama dua kali hari minggu ke depan akan diadakan kegiatan pelatihan mengolah energi alternatif yang akan disampaikan oleh Bapak Setiyo Gunawan, dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang sedang post doctoral di Taiwan Tech. Harapan kami, pelatihan ini dapat memicu motivasi para peserta untuk mengembangkan bakat usaha dan kewirausahaannya khususnya dalam bidang energi alternatif. Mari berdoa agar kegiatan yang tersisa dapat terlaksana dengan lancar dan baik.

One thought on “Pembukaan Workshop PCI-NU Taiwan 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s